Cara Melihat Kecepatan Internet

Selamat siang sahabat blogger kali ini saya akan mencoba membagikan sebuah artikel yang masih berhubungan dengan internet, khuus kali ini saya akan mencoba membahas tentang Cara Melihat Kecepatan Internet. Seakan tidak terlepas dari kehidupan kata internet itu sendiri semakin berkembang pesat baik itu digunakan secara personal maupun dijadikan sebagai lahan bisnis. Banyak yang menggunakan internet tentu saja dengan berbagai kebutuhan yang berbeda - beda ada yang gunakan hanya sebagai saling mengobrol di sosial media ada juga yang gunakan untuk kebutuhan browsing, download entah itu download film, musik, software, maupun nonton youtube. Kebutuhan yang berbeda itu lah yang menyebabkan internet tidak terlepas dari kebutuhan dan sangat mempercepat segala urusan pekerjaan yang dituntut semakin cepat dan akurat. 

Tujuan dari melihat kecepatan internet itu sendiri sangatlah penting alasannya jika kita ingin mendownload atau mungkin menonton sebuah video di youtube jelas kita ingin melihat apakah koneksi dan kecepatan mendukung jika tidak mendukung maka yang kita rasakan adalah ketidak puasan entah itu download yang lelet atau bahkan bufering pada youtube sehingga jika kita sudah mengetahui bahwa koneksi atau kecepatan mendukung jelas tidak ada keraguan lagi untuk melakukan download, browsing atau bahkan nonton video di youtube sehingga sangat penting untuk menguji sebuah koneksi internet itu sendiri. 

Cara Melihat Kecepatan Internet


Kembali ke topik utama mengenai artikel ini sebenarnya sangat banyak website yang menyediakan bagaimana cara melihat kecepatan internet secara gratis tanpa menggunakan sebuah software pendukung, namun pada kesempatan kali ini saya hanya membahas sebagian kecil dari website tersebut yang saya anggap sangat sering digunakan oleh pengguna internet.

1. Speedtest.net

Cara Melihat Kecepatan Internet

Siapa yang tidak mengenal speedtest sebuah situs besar yang menyediakan pengujian kecepatan koneksi internet yang disediakan oleh perusahaan asal kalispell, montana, amerika serikat, Ookla. Situs ini berdiri pada tahun 2006 dan sebanyak kurang lebih dari 20 juta pengguna internet melakukan pengujian koneksi internet mereka melalui situs website yang besar ini. fitur yang disediakan oleh pihak perusahaan pun sangat lengkap dimana speedtest secara default mengambil lokasi provider internet yang user gunakan selain itu juga dapat membaca secara detail ping yang digunakan, kecepatan upload dan download dari server yang kita gunakan. Dan tentu saja kita bisa share kecepatan internet yang kita gunakan di media sosial seperti facebook dan lain sebagainya.

2. Fast.com

Cara Melihat Kecepatan Internet

Nah situs webssite yang satu ini menurut saya situs yang paling simple dan menurut saya sangat cocok untuk dicoba untuk melakukan pengujian koneksi internet anda walaupun fitur yang disediakan pada website ini tidak selengkap apa yang disediakan oleh perushaan Ookla milik dari speedtest namun tidak ada salahnya untuk mencoba situs yang satu ini karena sangat sederhana.

3. Testmy.net

Cara Melihat Kecepatan Internet

Jika kita mencoba membandingkan antara fast.com dan testmy.net jelas sekali perbedaan nya dimana fast.com lebih lebih mengutamakan sebuah kesederhaan fitur sedangkan testmy.net sendiri mengutamakan fitur yang lebih beragam dimana kita dapat mengecek salah satu dari kecepatan internet baik itu kecepatan upload saja atau hanya kecepatan download saja, namun jika kita ingin mengkombinasikan nya kita dapat mengecek secara keseluruhan. Selain itu juga hasil dari pengujian koneksi yang kita lakukan akan ditampilkan dalam bentuk grafik jelas sekali perbedaan yang dapat kita rasakan.

4. BandWidthPlace.com

Cara Melihat Kecepatan Internet

Salah satu penyedia situs cara cek kecepatan internet yaitu BandWidthPlace.com situs ini dapat menjadi pilihan teman - teman, dengan fitur yang tidak kalah lengkap nya dari 3 situs diatas serta tampilan yang lebih menarik dan simple situs ini menjadi situs khusus dan cukup populer dikalangan pengguna internet.

Jadi silahkan anda pilih sesuai dengan selera teman - teman baik itu yang bersifat lebih sederhana atau yang lebih lengkap semua tujuannya sama yaitu bagaimana kita dapat mengetahui cara melihat kecepatan internet itu sendiri. 

Dan akhir kata demikianlah artikel kali ini semoga dapat menambah wawasan kita semua dan jangan lupa berikan like dan share pada artikel ini serta luangkan waktu untuk memberikan sebuah komentar mengenai artikel ini dan jangan lupa sering berkunjung ya :)

13 Responses to "Cara Melihat Kecepatan Internet"

  1. Makasih gan infonya, setelah nyoba2, lebih suka sama yg speedtest.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan saya juga make yang itu lebih spesifik dalam menampilkan hasilnya :)

      Delete
  2. Ane taunya cuman Speedtest :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tau cuman speedtest itu saya perkenalkan cara yang lain gan silahkan di coba

      Delete
    2. Kalo tau cuman speedtest itu saya perkenalkan cara yang lain gan silahkan di coba

      Delete
  3. kalo cara bobol sandi wifi gmna gan?? dikantor pake wifi tp rahasia pass nih... mau tak ganti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan saya kurang tau cara bobol wifi mungkin bisa bertanya ketempat lain, makasih udah berkunjung

      Delete
  4. kalo hape saya kecepatan internet cukup tinggi tapi kalo lihat yutube kok buffering ya gan, itu kira kira kenapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sama kok gan apa yang ditampilkan dari hasil uji speed itu sama, mungkin ketika lagi nonton kecepatan down gan

      Delete
  5. Klo saya biasanya pke yg nomer 2 gan, btw masih infonya gan saya jadi tau ternyata ada banyak situs juga yg menyediakan uji tes kecepatan internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan cara kedua itu merupakan cara yang simple gan jadi gk terlalu merepotkan buat uji kecepatan internet, makasih juga sudah berkunjung gan

      Delete
  6. Replies
    1. Iya gan bagus make speed gan makasih atas kunjungannya gan

      Delete